RIMO BALI [DOT] COM : Toko Komputer Online di Bali, Pricelist Harga, Jual Komputer, Laptop, Notebook, Printer, Modem, Motherboard, Speaker, VGA Card dan lainnya
www.rimobali.com>> Menjual Komputer, Laptop, Notebook, Printer, Modem, Motherboard, VGA Card. Termurah dan Terlengkap di Bali
News

Cara mengatasi Monitor Blank Screen

1 Maret 2012

Kebersihan bagian dalam casing dalah hal yang cukup penting karena berhubungan dengan suhu udara yang berada didalam ruang cpu sehingga menyebabkan suhu pada prosesor meningkat. Jadi sangat bagus apabila sering melakukan pembersihan pada bagian dalam cpu. Namun seringkali setelah melakukan pembersihan dapat menimbulkan beberapa kejadian yang tidak di harapkan seperti komputer tidak bisa hidup sama sekali atau bahkan komputer tidak ada respon sama sekali setelah dihidupkan powernya dan pada monitor tidak mnuncul apa-apa hanya hitam pekat alias blank screen.

Kira-kira apa penyebabnya sehingga bukannya menjadi lebih fresh setelah dibersihkan bagian dalam cpu melainkan malah menimbulkan masalah baru.

Ada beberapa penyebab terjadinya masalah setelah dibersihkan.

  1. Karena sudah terlalu lama tidak pernah dibersihkan sehingga saat membersihkan masih ada sisa debu yang menyebabkan hubungan pendek sehingga menimbulkan kerusakan pada komponen elektronik tertentu.
  2. Adanya sentuhan pada RAM (Random Access Memory) saat membersihkan sehingga koneksi terputus antara memori dengan mainboard.
  3. Pemasangan kabel data yang tidak benar (terbalik), ini terjadi apabila dilepaskannya semua kabel data dan power supply pada saat membersihkan bagian dalam cpu.

Langkah pencegahannya.

  1. Lakukan pembersihan secara terjadwal setelah pembelian komputer sehingga tidak terjadinya tumpukan debu yang berlebih di dalam ruang cpu .
  2. Pada saat melakukan pembersihan bagian dalam cpu, tidak melepas memori dari banknya untuk menghindari masuknya debu ke bagian dalam bank memori.
  3. Setelah yakin bahwa mainboard sudah dalam keadaan bersih bukakah memori dan bersihkan bagian kuningan yang terhubung atau kontak langsung dengan mainboard.
  4. Bersihkan juga kartu-kartu yang tepasang pada mainboard.
  5. Pastikan bahwa pemasangn kabel data tidak terbalik.
  6. Pastikan semua kabel power supply sudah terpasang pada hard disk, cd rom serta komponen lainnya yang membutuhkan power supply.

Demikian sedikit tips untuk mengatasi masalah blank screen.



Baca juga
  » 18 Mei 2012
Merubah File Word, Excel dan Powerpoin menjadi file PDF
Ada lagi software gratis untuk membuat dokumen dalam bentuk pdf. Software ini sangat mudah digunakan. Setelah penulis coba, bisa membuat pdf dengan file sumber document word, excel, txt, rtf, html, dan lain-lain. Artikel ini juga ditulis sebagai alternative dari artikel sebelumnya. Software ini bisa digunakan untuk semua versi Microsoft Office.

  » 12 Mei 2012
Data Hilang, Terformat, dan Terhapus, kembalikan dengan Get Back Data
Data adalah salah satu dari harta kita yang sangat berharga. Saat sekarang ini data biasanya akan disimpan dalam bentuk file didalam sebuah computer. Data tersebut tetap akan diperlukan dan bahkan saling berhubungan antara data yang satu dengan data yang lainnya. Termasuk juga data tentang gambar, foto, lagu dan film, semua itu akan dikeluarkan atau ditampilkan lagi saat diperlukan.

  » 28 April 2012
Cara membuat Windows Bootable di Flash Disk
Sebelum mungkin masih ada yang belum mengerti “Kenapa harus membuat CD ROM di Flash Disk dan Apa fungsingnya”? Jelas saja, langkah ini akan membuat Flash Disk Anda dengan mudah menjadi Bootable Windows

  » 26 April 2012
Cara Merawat LCD Laptop agar Awet dan Tahan Lama
LCD Laptop adalah salah satu komponen laptop yang cukup mahal harganya apabila terjadi penggantian akibat rusak. Rusaknya LCD laptop ini memang disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena faktor bawaan dari pabrik ataupun faktor manusia yang menggunakannya yaitu di perlakuan dan cara merawat LCD laptopitu sendiri.

  » 23 April 2012
Beberapa kemungkinan lampu indikator printer
Ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya lampu indikator printer berkedip